Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ketahui Cara Menghitung Revenue dari Digital Ads

Ketahui Cara Menghitung Revenue dari Digital Ads


Ketahui Cara Menghitung Revenue dari Digital Ads

Digital ads atau iklan digital adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda di internet. Namun, bagaimana Anda bisa mengetahui apakah iklan digital Anda berhasil atau tidak? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghitung revenue atau pendapatan yang dihasilkan dari iklan digital Anda.

Revenue adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari penjualan produk atau jasa yang dipromosikan melalui iklan digital. Revenue bisa dihitung dengan menggunakan rumus sederhana, yaitu:

Revenue = Jumlah klik x Biaya per klik x Konversi

Jumlah klik adalah jumlah orang yang mengklik iklan digital Anda. Biaya per klik adalah jumlah uang yang Anda bayar kepada platform iklan digital setiap kali ada orang yang mengklik iklan Anda. Konversi adalah persentase orang yang mengklik iklan Anda dan kemudian melakukan pembelian produk atau jasa Anda.

Contoh:

Anda memasang iklan digital di Google Ads dengan biaya per klik sebesar Rp 1.000. Iklan Anda mendapatkan 10.000 klik dalam sebulan. Dari 10.000 klik tersebut, 1% atau 100 orang melakukan pembelian produk atau jasa Anda dengan rata-rata harga Rp 500.000.

Maka, revenue yang dihasilkan dari iklan digital Anda adalah:

Revenue = 10.000 x Rp 1.000 x 1% x Rp 500.000

Revenue = Rp 50.000.000

Dengan mengetahui revenue dari iklan digital Anda, Anda bisa mengevaluasi kinerja iklan Anda dan melakukan perbaikan jika diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa menghitung return on ad spend (ROAS) atau pengembalian dari pengeluaran iklan, yaitu dengan membagi revenue dengan total biaya iklan.

ROAS = Revenue / Total biaya iklan

ROAS menunjukkan seberapa efisien iklan digital Anda dalam menghasilkan pendapatan. Semakin tinggi ROAS, semakin baik kinerja iklan Anda.

Contoh:

Jika total biaya iklan Anda dalam sebulan adalah Rp 10.000.000, maka ROAS dari iklan digital Anda adalah:

ROAS = Rp 50.000.000 / Rp 10.000.000

ROAS = 5

Artinya, setiap Rp 1 yang Anda keluarkan untuk iklan digital, Anda mendapatkan Rp 5 sebagai pendapatan.

Demikianlah cara menghitung revenue dari iklan digital. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda melalui internet.